Plt Sekda Pulang Pisang: Mutasi ASN TIdak Bisa Seenaknya, Harus Ikuti Aturan


Author: Sastros | 31/DES/2017 250 Views
PULANG PISANG-- Plt Sekretaris Daerah (Sekda) Kabupaten Pulang Pisau, Syaripudin mengatakan pihaknya tidak mempersulit aparatur sipil negara (ASN) yang mengajukan mutasi pindah tempat kerja.
 
Selain mengikuti prosedur yang sesuai aturan, persetujuan dalam mutasi ASN juga mempertimbangkan hal lainnya.
 
"Untuk mengajukan mutasi, tidak bisa mengajukan permohonan seenaknya. Ini berlaku untuk ASN di daerah setempat," terang Syaripudin di Pulang Pisau, Sabtu. 
 
Dikatakan Syaripudin, selain harus mengikuti prosedur dan aturan, pengajuan mutasi ASN juga harus memiliki alasan yang jelas.
 
Seperti alasan sakit, harus ada alasan yang jelas untuk menguatkan permohonan mutasi itu dan tidak menjadi alasan yang dibuat-buat. 
 
Menurutnya apabila mengidap penyakit tertentu dan harus berada dekat rumah dan fasilitas untuk pengobatan maka hal ini bisa menjadi pertimbangan tersendiri.
 
Syaripudin yang juga menjabat sebagai Kepala Badan Kepegawaian Pendidikan dan Pelatihan (BKPP) setempat ini mengungkapkan, bahwa pemberian persetujuan mutasi ASN juga mempertimbangkan kebutuhan di daerah penempatan. 
 
Dalam hal ini, SOPD terkait yang mengerti kebutuhan tenaga teknis di lapangan, apabila asal dalam memberikan pengajuan mutasi, tidak menutup kemungkinan akan terjadi kekosongan ASN.
 
"Selain itu SOPD harus melihat apakah persetujuan mutasi itu tidak mengakibatkan penumpukan pegawai di daerah tertentu," ucap Syaripudin.
 
Syaripudin juga meminta SOPD melakukan verifikasi terhadap setiap berkas ASN yang mengajukan permohonan mutasi, baik untuk tenaga medis, tenaga pendidik, maupun tenaga teknis lainnya. 
 
Dirinya mengakui banyak berkas permohonan mutasi yang diajukan oleh ASN. Hanya saja tidak semua mendapatkan persetujuan karena beberapa pertimbangan diatas. 
 
"Jika ASN di daerah bekerja dengan baik, diharapkan tidak mengajukan permohonan mutasi," demikian Syaripudin. (Antara)

Bagikan artikel


Komentar